CISCO CHAPTER 5

Ethernet Protokol


Operasi Ethernet


Ethernet adalah teknologi LAN yang paling banyak digunakan digunakan saat ini.Ethernet beroperasi pada lapisan data link dan lapisan fisik. Ini adalah keluarga dari teknologi yang didefinisikan dalam standar IEEE 802.2 dan 802.3 jaringan.

LLC sublayer
Sublayer LLC mengambil data protokol jaringan, yang biasanya paket IPv4, dan menambahkan kontrol informasi untuk membantu memberikan paket ke node tujuan. LLC diimplementasikan dalam perangkat lunak, dan pelaksanaannya independen dari perangkat keras.

MAC sublayer
MAC merupakan sublayer bawah dari layer data link. MAC dilaksanakan oleh hardware, biasanya di komputer NIC.

1.  Data enkapsulasi
Data enkapsulasi menyediakan tiga fungsi utama:
   Pembatas frame
   Addressing
   Error Detection
2.  Media Access Control
MAC adalah media access control. Media kontrol akses bertanggung jawab untuk penempatan frame pada media dan penghapusan frame dari media. Ethernet adalah metode berbasis contention jaringan. Ethernet menyediakan metode untuk mengontrol bagaimana akses node saham melalui penggunaan Multiple Access (CSMA) teknologi Carrier Sense.
3.  MAC Address Struktur
Nilai alamat MAC adalah akibat langsung dari aturan IEEE-diberlakukan untuk vendor untuk memastikan alamat global yang unik untuk setiap perangkat Ethernet. Aturan yang ditetapkan oleh IEEE memerlukan vendor yang menjual perangkat Ethernet untuk mendaftar dengan IEEE. IEEE memberikan vendor 3-byte (24-bit) kode, disebut Organizationally Unique Identifier (OUI). Alamat MAC sering disebut sebagai alamat terbakar-di (BIA) karena, secara historis, alamat ini dibakar dalam ROM (Read-Only Memory) pada NIC.
4. Ethernet Enkapsulasi
Sejak penciptaan Ethernet pada tahun 1973, standar telah berevolusi untuk menentukan versi lebih cepat dan lebih fleksibel dari teknologi. Kemampuan Ethernet untuk meningkat dari waktu ke waktu adalah salah satu alasan utama yang telah menjadi begitu populer. versi awal Ethernet relatif lambat pada 10 Mbps.
Kedua header Ethernet dan cuplikan memiliki beberapa bagian dari informasi yang digunakan oleh protokol Ethernet. Setiap bagian dari frame disebut field.
IEEE 802.3 standar Ethernet yang telah diperbarui beberapa kali untuk memasukkan teknologi baru

Standar DIX Ethernet yang sekarang disebut Ethernet II
Pengenalan Ethernet Frame
Bidang utama dalam frame Ethernet adalah:
  • Preamble and Start Frame Delimiter Fields: Pembukaan (7 byte) dan Start Frame Delimiter (SFD), juga disebut Start Frame (1 byte), bidang yang digunakan untuk sinkronisasi antara perangkat pengirim dan penerima.
  • Destination MAC Address Field: Bidang 6-byte ini adalah pengidentifikasi untuk penerima yang dimaksud.
  • Source MAC Address Field: Bidang 6-byte ini mengidentifikasi berasal frame NIC atau interface.
  • Length Field: Untuk setiap IEEE 802.3 standar lebih awal dari 1997 bidang panjang mendefinisikan panjang tepat lapangan data frame.
  •  Data Field: Bidang ini (46-1500 byte) berisi data dienkapsulasi dari lapisan yang lebih tinggi, yang merupakan generik Layer 3 PDU, atau lebih umum, sebuah paket IPv4.
  • Frame Check Sequence Field: Frame Check Sequence (FCS) lapangan (4 bytes) digunakan untuk mendeteksi kesalahan dalam frames.


Ethernet MAC
Penggunaan alamat MAC adalah salah satu aspek yang paling penting dari teknologi Ethernet LAN. alamat MAC menggunakan penomoran heksadesimal.
Hexadecimal adalah kata yang digunakan baik sebagai kata benda dan sebagai kata sifat. Heksadesimal menyediakan cara yang nyaman untuk mewakili nilai-nilai biner,heksadesimal adalah basis enam belas sistem. Dasar enam belas sistem nomor menggunakan angka 0 sampai 9 dan huruf A sampai F. Heksadesimal digunakan untuk mewakili alamat Ethernet MAC dan IP versi 6. Dalam Ethernet, alamat MAC yang berbeda digunakan untuk Layer 2 unicast, broadcast, dan komunikasi multicast.

MAC dan IP
Ada dua alamat utama yang ditetapkan ke perangkat host:

  1.     alamat fisik (alamat MAC)
  2.     alamat logis (alamat IP)


Kedua alamat MAC dan alamat IP bekerja sama untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan. Proses menggunakan alamat MAC dan alamat IP untuk menemukan komputer mirip dengan proses menggunakan nama dan alamat individu untuk mengirim surat.

Pada jaringan Ethernet, alamat MAC digunakan untuk mengidentifikasi, pada tingkat lebih rendah, sumber dan tujuan host. Ketika sebuah host pada jaringan Ethernet berkomunikasi, ia akan mengirimkan frame yang berisi alamat MAC sendiri sebagai sumber dan alamat MAC dari penerima yang dimaksudkan sebagai tujuan. Semua host yang menerima frame akan membaca alamat tujuan MAC. Jika tujuan alamat MAC sesuai dengan alamat MAC yang dikonfigurasi pada host NIC, kemudian host pesanakan diproses.

Address Resolution Protocol
Fungsi ARP
Ingat bahwa setiap node pada jaringan IP memiliki kedua alamat MAC dan alamat IP. Dalam rangka untuk mengirim data, node harus menggunakan kedua alamat tersebut. node harus menggunakan sendiri MAC dan alamat IP-nya di bidang sumber dan harus menyediakan baik alamat MAC dan alamat IP untuk tujuan.
Protokol ARP menyediakan dua fungsi dasar :


  1.     Menyelesaikan IPv4 Alamat ke Alamat MAC                                                                          =  untuk frame yang ditempatkan pada media LAN, ia harus memiliki tujuan alamat MAC. Ketika sebuah paket dikirim ke data link layer yang akan dikemas dalam bingkai, node mengacu ke tabel dalam memori untuk menemukan alamat lapisan data link yang dipetakan ke alamat IPv4 tujuan.                                                                              
  2.    Mempertahankan ARP TableTabel ARP                                                                                 =  dipertahankan secara dinamis. Ada dua cara yang perangkat dapat mengumpulkan alamat MAC. Salah satu cara adalah untuk memantau lalu lintas yang terjadi pada segmen jaringan lokal.


Operasi ARP
·         Membuat Frame
Ketika ARP menerima permintaan untuk memetakan alamat IPv4 ke alamat MAC, tampaknya untuk peta cache dalam tabel ARP nya. Jika entri tidak ditemukan, enkapsulasi paket IPv4 gagal dan proses Layer 2 memberitahu ARP bahwa itu butuh peta. Proses ARP kemudian mengirimkan sebuah paket permintaan ARP untuk menemukan alamat MAC dari perangkat tujuan pada jaringan lokal. Jika perangkat menerima permintaan memiliki alamat IP tujuan, itu merespon dengan balasan ARP. Sebuah peta dibuat dalam tabel ARP. Paket untuk alamat IPv4 sekarang dapat dirumuskan dalam bingkai.

Isu ARP
·         Overhead pada Media
Sebagai frame broadcast, permintaan ARP diterima dan diproses oleh setiap perangkat di jaringan lokal. Namun, jika sejumlah besar perangkat yang akan didukung dan semua mulai mengakses layanan jaringan pada saat yang sama, mungkin ada beberapa penurunan kinerja untuk jangka waktu yang singkat.

·         Keamanan
Dalam beberapa kasus, penggunaan ARP dapat menyebabkan risiko keamanan potensial. ARP spoofing, atau keracunan ARP, adalah teknik yang digunakan oleh penyerang untuk menyuntikkan asosiasi alamat MAC yang salah ke dalam jaringan dengan mengeluarkan permintaan ARP palsu. Penyerang menempa alamat MAC dari perangkat, kemudian frame dapat dikirim ke tujuan yang salah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CISCO CHAPTER 3

CISCO CHAPTER 7

CISCO CHAPTER 11