CISCO CHAPTER 10

APLICATION LAYER


  Lapisan aplikasi adalah lapisan atas baik OSI dan model TCP / IP. Lapisan aplikasi TCP / IP mencakup sejumlah protokol yang menyediakan fungsi khusus untuk berbagai aplikasi pengguna akhir. 
Fungsionalitas dari TCP / IP protokol lapisan aplikasi sesuai dalam kerangka dari tiga lapisan model OSI: aplikasi, presentasi dan lapisan sesi.
Ada banyak protokol lapisan aplikasi dan protokol baru yang sedang dikembangkan. Beberapa aplikasi protokol lapisan yang paling banyak dikenal termasuk, Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Trivial File Transfer Protocol (TFTP), Internet Message Access Protocol (IMAP), dan Domain Name System (DNS) protokol.
Lapisan presentasi memiliki tiga fungsi utama:
Format, atau hadiah, data dari perangkat sumber ke dalam bentuk yang kompatibel untuk penerimaan oleh perangkat tujuan.Kompresi data dengan cara yang dapat didekompresi oleh perangkat tujuan.Enkripsi data untuk transmisi dan dekripsi data pada saat diterima oleh tujuan.
Layer Session
Seperti namanya, fungsi pada lapisan sesi menciptakan dan memelihara dialog antara sumber dan tujuan aplikasi.
Protokol aplikasi TCP / IP menentukan format dan mengontrol informasi yang diperlukan berfungsi untuk komunikasi internet umum. Di antara TCP ini / protokol IP adalah:
Domain Name System (DNS) - protokol ini resolve nama Internet ke alamat IP.
Telnet - ini digunakan untuk menyediakan akses remote ke server dan perangkat jaringan.
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) - protokol ini pesan transfer mail dan lampiran.
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) - Sebuah protokol yang digunakan untuk menetapkan alamat IP, subnet mask, gateway default, dan alamat server DNS untuk tuan rumah.
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) - ini file transfer protocol yang membentuk halaman web dari World Wide Web.
File Transfer Protocol (FTP) - Protokol yang digunakan untuk transfer file interaktif antara sistem.
Trivial File Transfer Protocol (TFTP) - Protokol ini digunakan untuk transfer file connectionless aktif.
Bootstrap Protocol (BOOTP) - protokol ini adalah prekursor protokol DHCP. BOOTP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mendapatkan informasi alamat IP saat bootup.
Post Office Protocol (POP) - Sebuah protokol yang digunakan oleh klien email untuk mengambil email dari server jauh.
Internet Message Access Protocol (IMAP) - Ini adalah protokol lain untuk pengambilan email.
Model jaringan P2P melibatkan dua bagian: jaringan P2P dan aplikasi P2P. Kedua bagian memiliki fitur serupa, tetapi dalam prakteknya bekerja cukup berbeda.
Jaringan (P2P)
Dalam jaringan P2P, dua atau lebih komputer yang terhubung melalui jaringan dan dapat berbagi sumber daya (seperti printer dan file) tanpa harus memiliki dedicated server.
Aplikasi (P2P)
Sebuah peer-to-peer yang memungkinkan perangkat untuk bertindak sebagai klien dan server dalam komunikasi yang sama. aplikasi P2P dapat digunakan pada jaringan P2P, jaringan client / server, dan di Internet. Aplikasi P2P umum meliputi:
 eDonkeyeMuleShareazaBitTorrentBitcoinLionShare
Tiga aplikasi lapisan protokol yang terlibat dalam pekerjaan sehari-hari atau bermain adalah:
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Post Office Protocol (POP)
Protokol lapisan aplikasi ini memungkinkan untuk browsing web dan mengirim dan menerima email. HTTP digunakan untuk memungkinkan pengguna untuk terhubung ke situs web di Internet. SMTP digunakan untuk memungkinkan pengguna untuk mengirim email. Dan POP digunakan untuk memungkinkan pengguna untuk menerima email.
HTTP adalah protokol request / respon. Ketika klien, biasanya web browser, mengirimkan permintaan ke web server, HTTP ditentukan jenis pesan yang digunakan untuk komunikasi itu. Ketiga jenis pesan umum adalah GET, POST, dan PUT.
GET adalah permintaan klien untuk data.
POST dan PUT digunakan untuk meng-upload file data ke web server.
PUT sumber upload atau konten ke web server.
Untuk komunikasi yang aman di Internet dapat menggunakan (HTTPS). HTTPS dapat menggunakan otentikasi dan enkripsi untuk mengamankan data saat ia berpindah antara klien dan server. HTTPS menggunakan proses yang sama client request-server respon HTTP, tetapi aliran data dienkripsi dengan Secure Socket Layer (SSL) sebelum diangkut di seluruh jaringan.
Salah satu layanan utama yang ditawarkan oleh ISP adalah email hosting. Email adalah metode store-and-forward mengirim, menyimpan, dan mengambil pesan elektronik di dalam jaringan. Email mendukung tiga protokol terpisah untuk operasi: Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Post Office Protocol (POP), dan Internet Message Access Protocol (IMAP).
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) transfer surat andal dan efisien. Untuk aplikasi SMTP untuk bekerja dengan baik, pesan email harus diformat dengan benar dan proses SMTP harus berjalan pada kedua klien dan server.
Post Office Protocol (POP) memungkinkan workstation untuk mengambil mail dari sebuah mail server. Dengan POP, surat-download dari server ke klien dan kemudian dihapus di server.
Internet Message Access Protocol (IMAP) adalah protokol lain yang menjelaskan metode untuk mengambil pesan email. Namun, tidak seperti POP, ketika pengguna terhubung ke server IMAP-mampu, salinan pesan di-download ke aplikasi klien.
DNS adalah layanan klien / server; Namun, hal itu berbeda dari layanan klien / server lainnya. Sementara layanan lain menggunakan klien yang merupakan aplikasi (seperti web browser, email client), klien DNS berjalan sebagai layanan itu sendiri. Klien DNS, kadang-kadang disebut DNS resolve.
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah layanan yang memungkinkan perangkat pada jaringan untuk mendapatkan alamat IP dan informasi lainnya dari server DHCP. Layanan ini mengotomatisasi tugas alamat IP, subnet mask, gateway, dan parameter jaringan IP lainnya. DHCP memungkinkan host untuk mendapatkan alamat IP secara dinamis ketika terhubung ke jaringan.
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol lapisan aplikasi lain yang umum digunakan. FTP dikembangkan untuk memungkinkan transfer data antara klien dan server. FTP client adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada komputer yang digunakan untuk mendorong dan menarik data dari server menjalankan FTP daemon (FTPd).
Sebagai sosok yang menggambarkan, untuk berhasil mentransfer data, FTP membutuhkan dua koneksi antara klien dan server, satu untuk perintah dan balasan, yang lainnya untuk transfer file yang sebenarnya:
Klien menetapkan koneksi pertama ke server untuk lalu lintas kontrol, yang terdiri dari perintah klien dan reply dari server.
Klien menetapkan koneksi kedua ke server untuk transfer data aktual. Koneksi ini dibuat setiap kali ada data yang ditransfer.
Transfer data dapat terjadi di kedua arah. Klien dapat men-download (pull) data dari server atau, klien dapat meng-upload (push) data ke server.
Server Message Block (SMB) adalah protokol file sharing client / server, dikembangkan oleh IBM di akhir 1980-an, untuk menggambarkan struktur sumber daya jaringan bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CISCO CHAPTER 3

CISCO CHAPTER 7

CISCO CHAPTER 11